Visioner

Hari Ini Untuk Masa Depan

Rang Batang Kapeh Pulang Basamo 2010

4 Comments

               Sekitar seminggu sebelum puasa, saya melihat ada sebuah poster besar  terpampang di “Pasa Lamo” Pasar Kuok depan kantor wali nagari IV Koto Hilie, bertuliskan Selamat Datang, Rang Batang Kapeh Pulang Basamo 2010, Minal Aidzin Walfaizin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H, 7-17 September 2010. Tertegun juga saya membacanya. Dalam hati saya, ” Wah, hebat…., ternyata perantau-perantau Batang Kapas akan pulang bersama pada Hari Raya Idul Fitri, bakalan ramai berlebaran di Batang Kapas,… mantap!

             Ternyata di kantor wali nagari IV Koto hilie juga ada sebuah spanduk bertuliskan ucapan yang sama, tapi ada tambahan ucapan ” Elokan Budi Rancakan Baso Bangun Nagari Basamo-samo”. Saya jadi semakin takjub, program pulang basamo perantau-perantau ini nampaknya sudah betul-betul dipersiapkan. Pasti sudah ada koordinasi, komunikasi antara perantau dengan masyarakat dan pemerintahan di kampung, pemerintahan nagari yang beberapa waktu baru dimekarkan, pemerintahan kecamatan dan bahkan dengan pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan. Buktinya, itu, poster dan spanduk sudah banyak terpampang. Bahkan ketika saya jalan arah ke nagari Taluk, melewati  nagari Koto nan Tigo, spanduk yang sama juga ada disana. Begitu juga mungkin di nagari IV Koto Mudiak, dan nagari baru  Koto nan Duo.

                Entah kenapa saya seperti jadi tertarik saja untuk ingin tahu lebih jauh, karena  sepengetahuan saya dalam lebih 15 tahun terakhir belum ada perantau Batang Kapas pulang bersama yang rasanya akan semeriah ini. Untuk koordinasi antara panitia pulang basamo Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tanggerang Bekasi) telah dilakukan pertemuan dengan Camat Batang Kapas, Forum wali nagari dan masayarakat untuk membicarakan segala sesuatunya pada 7 Agustus yang lalu. Perantau-perantau Batang Kapas yang tergabung dalam HKB (Himpunan Keluarga Batang Kapas) sebelumya telah menginformasikan pada seluruh perantau Batang Kapas untuk program “pulang basamo” ini. Selebaran ajakan telah disebarkan pada “dunsanak” yang berada dilingkuang rantau untuk ikut pada “alek pulang basamo” ini. Dari informasi yang saya dapat sampai bulan Mei yang lalu sudah 300 an perantau ikut bergabung  dengan panitia untuk acara ini. Mungkin sampai saat posting ini perantau Batang Kapas yang akan ikut pulang bersama semakin bertambah.

                Semoga saja rencana pulang basamo ini dapat berjalan dengan baik, tapa halangan. Selamat dalam perjalanan pulang ke kampuang dan dapat saling memberikan kesan yang baik selama berada di kampung. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H/2010 M.

Advertisements

4 thoughts on “Rang Batang Kapeh Pulang Basamo 2010

  1. ass.ww. kalau pulang basamo ala sukses, sehingga bisa memacu perantau lainnyo pada tahun-2 berikutnya, mancaliek kampuang halamannyo, diharapkan perantau disamping membangun dinagari urang, kalau ado razaki bangun juo la kampuang nagarinyo, sehingga ada keseimbangan dari rezeki yang didapat, permasahalannya ! kalau kito mambangun di kampuang misalnyo merenovasi / pembangunan rumah diateh tanah ulayat suku (tanah pusako), kadang terjadi sengketa pada tanah ulayat, karena secara adat sudah memenuhi syarat kepemilikan, tapi secara hukum agraria belum, karena belum punya sertifikat yang di keluarkan oleh Badan pertanahan Nasional (agraria).
    Kadang-2 hal demikian perantau manjadi maleh mambangun di kampuang, sahinggo kampuang indak ado perkembangan pembangunan fisik, kecuali yang dibangun oleh Pemerintah. setelah dibangun batangkah pulo ( karena tidak punya kekuatan hukum kepemilikan) dari perantau yang membangun, untuk itu tolong dunsanak carikan solusinyo, bia bisa perantau nan ba piti ikuik mambangun dikampuang awak, tarimo kasih parantau surabaya (imok)

    • Alaikum slam w w. Maaf, sangat terlambat saya merespon komentar Bapak, karena cukup rumit juga masalah ini, apa lagi menyangkut tanah ulayat. Saya akan coba lontarkan masalah ini pada yang lain. Mudah-mudahan ada solusinya. Lihat postingan saya tentang “Komentar Orang Rantau Batang Kapas”. Terima kasih.

  2. ass””’smoga sukses urang awak nan ado di rantau,kusus nyo untk urang bt kapas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s